top of page

Sebelum membeli Proyektor Ketahui Hal ini


Sebelum membeli Proyektor Ketahui Hal ini
Sebelum membeli Proyektor Ketahui Hal ini

Pusat Proyektor Indonesia - Harus anda ketahui beberapa informasi saat hendak akan membeli sebuah proyektor, agar tidak mendapatkan ketidaknyamanan saat menggunakan proyektor ataupun kerugian yang menjadi hal yang tidak diinginkan oleh siapapun. Menggunakan proyektor untuk kebutuhan sehari-hari memang terdengar sederhana dan mudah, namun sebenarnya, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menggunakan perangkat ini agar tidak salah dalam mengoperasikannya.


Dalam penggunaan perangkat proyektor ada banyak sekali, terlebih lagi tidak menutup kemungkinan bisa menjadi teknologi yang multifungsi kalau penggunanya kreatif dalam memanfaatkannya. Misalnya, dapat digunakan untuk kebutuhan pekerjaan, seperti untuk rapat, yang mana kamu bisa menunjukkan presentasimu lewat layar yang besar. Kemudian untuk nonton film dirumah. Bahkan proyektor dapat menjadi media saat hendak bermain game menggunakan proyektor bersama keluarga maupun orang lain.


Akan tetapi sebelum anda membeli dan menggunakan proyektor untuk menunjang kegiatan anda, maka ada baiknya perhatikan beberapa hal ini terlebih dahulu agar nantinya kamu dapat memaksimalkan penggunaannya.


Sebelum membeli Proyektor Ketahui hal ini (Pusat Proyektor Indonesia)


Lampu dan LED


Setiap proyektor pastinya memiliki sumber untuk memancarkan gambar dari proyektor ke wadah penerimanya. Sumber-sumber itu bisa berbentuk lampu, laser, dan yang kini sangat digemari adalah LED karena hemat daya dan umur pemakaiannya yang lebih panjang.


Baterai


Buat kamu yang butuh perangkat ini di segala medan dan situasi, ada baiknya kamu melihat kolom baterai pada proyektor yang kamu akan gunakan. Pasalnya, baterai adalah hal yang sangat penting dalam mengoperasikan proyektor. Tanpanya, tidak akan ada daya yang bisa membuatnya menyala.


Kamu juga harus jeli dalam melihat model dan tipenya. Biasanya, model lama harus menggunakan daya listrik dan mencoloknya ke stop kontak. Kalau kamu butuh yang bisa dibawa ke mana saja, tentu kamu membutuhkan proyektor portable, kan?


Daya Tahan


Barang elektronik, ketika digunakan untuk waktu yang lama, akan mengalami overheat. Biasanya, situasi ini ditandai dengan permukaan barang elektronik itu menjadi panas. Kalau tidak diatasi, hal itu bisa mengundang banyak masalah dan akhirnya merusak barang elektronik tersebut.


Sama seperti model yang sering banget digunakan untuk waktu yang lama di zaman modern ini, entah untuk bisnis atau hiburan. Maka dari itu, kalau kamu membutuhkan jenis yang bisa digunakan untuk waktu yang lama, carilah yang sudah berteknologi canggih dan memiliki alat penangkal overheat.


Berat dan Ukuran


Sebelum kamu menggunakan proyektor untuk kebutuhan penting, perhatikan berat dan ukurannya. Pasalnya, kalau kamu membutuhkan proyektor untuk kegiatan yang fleksibel dan harus bepergian ke tempat yang jauh, model dengan berat lebih ringan yang pasti akan menguntungkan, seperti jenis portable yang mudah masuk ke dalam tas kamu untuk dipakai di mana saja.


Kalau kamu membutuhkannya di waktu yang mendadak. Tentu saja, akan sangat sulit menggunakan model dengan ukuran besar dan berat. Karena itu, berat dan ukuran sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli proyektor.


DLP dan LCD


Proyektor memiliki dua tipe, yakni LCD (Liquid Crystal Display) dan DLP (Digital Light Processing). Tentu saja, keduanya memiliki keunggulannya masing-masing, kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari kamu!


Nah, jika dibandingkan dengan LCD, kualitas gambar yang dihasilkan oleh proyektor DLP memiliki gap yang lebih kecil dan elemen yang besar. Sedangkan proyektor dengan sistem LCD yang memiliki gap besar dan elemen yang kecil. Akibatnya, proyektor dengan sistem DLP memiliki kualitas gambar yang lebih jernih dan HD dibandingkan proyektor LCD yang pecah-pecah.


Input dan Output


Ada banyak cara menyambungnya dengan PC, laptop atau bahkan smartphone kamu. Cara yang paling konvensional mungkin adalah dengan menyambungkan kabel. Namun sekali lagi, kalau kamu akan menggunakan proyektor di luar ruangan dan situasi-situasi ekstrim lainnya, akan sangat sulit jika harus membawa kabel ke mana-mana, apalagi kabelnya panjang.


Maka dari itu, ada baiknya, sebelum menggunakannya, perhatikan input dan output pada proyektor yang akan kamu gunakan. Biasanya yang berukuran besar yang digunakan dalam ruangan punya input dan output yang lebih banyak dibandingkan jenis portable.


Dari beberapa penjelasan tentang hal-hal yang harus anda ketahui sebelum membeli sebuah unit proyektor diatas, apakah sudah menemukan tipe dan model proyektor yang kamu butuhkan untuk nantinya. Silahkan lihat beberapa rekomendasi proyektor terbaik serta merk proyektor yang bisa anda gunakan dalam kegiatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

6 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page