top of page

Proyektormu Bermasalah? Ini Solusinya!

Proyektor merupakan perangkat elektronik yang awam digunakan karena biasanya hanya untuk presentasi saja. Oleh karena itu, tidak banyak yang mengetahui masalah pada proyektor dan solusinya. Nah, berikut ini beberapa masalah yang mungkin sering terjadi di proyektor anda.


1. Sinyal proyektor tidak keluar, sehingga gambar tidak tampil



Masalah pertama yang sering muncul saat menggunakan proyektor adalah hilangnya sinyal. Bukan sinyal seperti halnya pada perangkat seluler, melainkan sinyal cahaya yang dikeluarkan oleh proyektor ke layar untuk menampilkan gambar. Masalah ini terjadi karena kesalahan dalam memasukan kabel input pada port proyektor. Umumnya, proyektor memiliki banyak port, seperti port untuk komputer 1, komputer 2, atau DVD. Selain posisi port yang salah, pastikan juga kondisi kabel dan port VGA sudah terpasang dengan kuat dengan posisi yang pas.


Jika menggunakan laptop, pastikan telah menekan tombol FN dan tombol “function (F1-F12)” secara bersamaan untuk bisa mengkoneksikan antara komputer dan proyektor. Sebagai catatan, beberapa seri laptop atau komputer memiliki letak dan posisi tombol shortcut yang berbeda-beda untuk melakukan fungsi yang satu ini. Pastikan kamu mencari tahu terlebih dahulu akan hal ini baik melalui buku panduan atau internet.


2. Proyektor menyala dengan kondisi Lampu LED berkedip secara terus-menerus



Apakah proyektormu ketika dinyalakan lampu LED pada bagian atasnya berkedip? Meskipun setiap produsen memiliki tanda atau peringatan yang berbeda-beda, pada umumya lampu LED yang berkedip menunjukkan masa lampu proyektor yang sudah habis atau menipis. Mau tidak mau, lampu proyektor tersebut harus diganti. Umumnya, kemampuan lampu proyektor bisa berkisar 1500 hingga 2000 jam, beberapa seri diantaranya mungkin bisa lebih dari itu. Jika memang sudah mendekati lama penggunaan maksimal, maka segera ganti lampu dari proyektor.


Setelah mengetahui beberapa masalah pada proyektor dan solusinya, kini kamu tidak perlu khawatir lagi. Namun, yang paling terpenting adalah pastikan proyektormu bergaransi sehingga ketika terjadi kerusakan bisa diperbaiki dengan benar. Seperti halnya proyektor yang ada di Pusat Proyektor Indonesia yang 100% bergaransi. Tidak hanya itu, Pusat Proyektor Indonesia juga menyediakan jasa servis proyektor. Kunjungi link untuk harga dan promo menarik lainnya! http://proyektor.co.id/shop



9 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page