top of page

Jenis-jenis Proyektor yang Berkualitas Baik dan Awet Tahan Lama

Pusatproyektorindonesia.com - Proyektor adalah perangkat keras yang dapat menampilkan gambar atau video ke suatu layar sehingga terlihat lebih besar. Caranya adalah dengan menggabungkan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display. Proyektor sangat bermanfaat untuk membantu seseorang dalam menyajikan topik dalam bentuk teks, gambar, animasi, atau video.


Menggunakan proyektor untuk beberapa hal kegiatan memang sangat membantu, nah anda perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa macam jenis proyektor, informasi seperti inisangat penting untuk menambah informasi seputar tentang proyektor itu sendiri. Nah dibawah ini beberapa informasi terkait jenis-jenis proyektor yang berkualitas bagus yang bisa nantinya membantu anda agar dapat memilih proyektor terbaik menurut anda.


Jenis-jenis Proyektor yang Berkualitas Baik dan Awet Tahan Lama

Jenis-jenis proyektor yang berkualitas baik dan awet tahan lama

  • Proyektor LCD

Proyektor jenis LCD atau Liquid Crystal Display adalah pengembangan dari proyektor generasi sebelumnya yang menggunakan teknologi OHP (Overhead Projector). Namun proyektor LCD jauh lebih canggih karena tidak hanya menampilan tulisan melalui kertas bening saja. Proyektor LCD dapat menampilkan gambar, video, dan teks yang sama persis dengan aslinya dan terdiri dari beragam warna.

  • Proyektor CRT

CRT adalah singkatan dari Catoda Ray Tube. Proyektor jenis ini memanfaatkan teknologi kuno berupa tabung gambar yang digunakan pada TV konvensional. Dilengkapi juga dengan lensa pembesar yang digunakan untuk mengirimkan gambar ke layar. Sementara CRT berfungsi memproyeksikan warna utama yaitu merah, biru, dan hijau.


  • Proyektor LCOS

Proyektor LCOS menggabungkan keunggulan dari 2 jenis proyektor lainnya yaitu DLP dan LCD. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh proyektor jenis ini adalah bobotnya yang relatif lebih ringan dibandingkan proyektor LCD. Selain itu, resolusi gambar yang dihasilkan juga lebih baik, sehingga hasil akhir yang terlihat di layar lebih mulus dan flawless. Resolusi gambar yang bisa ditampilkan proyektor ini adalah 2048x1536 pixel.

  • Proyektor Digital

Proyektor digital bekerja dengan mengkonversi data berbentuk gambar yang bersumber dari komputer atau laptop ke layar dengan sistem lensa. Bisa dikatakan proyektor ini merupakan dasar pembentukan home theater yang banyak digunakan di rumah-rumah modern. Proyektor digital menggunakan 3 jenis teknologi sekaligus dalam satu alat yaitu LCD berintensitas tinggi, proyektor LCD dengan gerbang cahaya, dan CRT.


  • Proyektor DLP (Digital Light Processing)

Terakhir ada proyektor DLP atau Digital Light Processing. Alat ini mampu menciptakan gambar melalui kaca kecil mikroskopis yang disusun dalam sebuah matrix di atas chip semikonduktor yang disebut dengan DMD atau Digital Micromirror Device.


Proyektor ini memberikan pilihan resolusi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna antara lain 800x600, 1024x768, 1280x720, dan masih banyak lagi. Dari segi bentuk dan desain, proyektor ini lebih ringkas dan lebih modern dibandingkan proyektor jenis yang lainnya.


Berkat kecanggihan teknologi saat ini, kita semakin mudah dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tidak terkecuali dalam urusan pekerjaan. Salah satu alat yang menjadi kebutuhan kantor adalah proyektor. Untuk mencari lebih dalam tentang proyektor silahkan kunjungi Blog proyektor dan Toko online pusat proyektor Indonesia agar mendapatkan informasi lainnya yang lebih lengkap lagi.

5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page