top of page

5 Tips dan Trik Merawat Proyektor Supaya Awet dan Tahan lama

Di era teknologi digital, Proyektor adalah investasi yang bagus untuk bisnis apa pun. Proyektor bisa digunakan untuk presentasi atau rapat, dan juga bisa digunakan untuk tujuan pendidikan. Proyektor bukanlah barang yang paling berharga mungkin bagi diri anda, tetapi proyektor memang memerlukan perawatan atau pengawasan untuk memastikan bahwa proyektor bisa awet dan bertahan lama hingga dapat menggunakan proyektor tersebut selama bertahun-tahun.


Menggunakan proyektor untuk pertama kalinya memang mengasyikkan, tetapi perlu agar anda ketahui bahwa sangat penting untuk merawat tentang peralatan anda sendiri. Nah dibawah ini beberapa saran dan trik yang bisa Anda gunakan untuk menjaga proyektor anda berjalan lancar karena telah merawat proyektor dengan baik.

5 Tips dan Trik Merawat Proyektor Supaya Awet dan Tahan lama
5 Tips dan Trik Merawat Proyektor Supaya Awet dan Tahan lama

1. Membersihkan proyektor


Teman teman yang mempunyai proyektor dan ingin agar proyektornya tetap dalam kondisi bisa awet dan tetap berkualitas, maka anda dapat memulai dengan membersihkan bagian bagian yang mudah di bersihkan.


Pastikan untuk membersihkan proyektor secara berkala dalam waktu seminggu maupun sebulan jika memang teman teman tidak mempunyai waktu senggang. Alat untuk membersihkan proyektor bisa dicari dengan mudah biasanya tersedia di toko kamera karena sesama memakai lensa dalam penggunaannya.


Komponen penting dalam membersihkan proyektor yakni pada lensa proyektor yang biasa terabaikan, besihkan pada bagian sisi ventilasi udara proyektor sehingga tidak bertumpuknya debu sehingga bisa membuat proyektor menjadi rusak dan pada bagian port kabel proyektor.


2. Periksa kabel dan sumber daya


Sebaiknya juga harus memastikan bahwa semua kabel yang dicolokkan ke port masing-masing dan semua sumber daya terisi dengan penuh sebelum menyalakan kembali proyektor Anda, terutama jika akan pergi untuk jangka waktu yang lama. Jika terjadi kesalahan selama penggunaan, memiliki sumber daya tambahan yang tersedia akan membantu dengan cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu menghidupkan proyektor kembali.


3. Bersihkan layar secara teratur


Tips dan trik ini harus dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali, tergantung seberapa sering anda menggunakan proyektor. Anda cukup menyeka debu yang menumpuk pada layar dengan kain bersih atau tisu. Jika masih ada residu yang tersisa setelah dibersihkan, semprotkan air ke atasnya sebelum menyekanya lagi dengan kain bersih atau tisu.


4. Penyimpanan proyektor


Untuk penyimpanan yang benar untuk proyektor sebaiknya tidak pada tembat yang kering dan tidak juga terlalu lembab, akan lebih baih untuk menyimpan proyektor tersebut di dalam tas yang telah tersedia. Agar tidak terjadi sesuatu hal yang bisa membuat proyektor anda menjadi rusak.


5. Service


Tips dan trik terakhir agar bisa merawat proyektor supaya awet dan tahan lama yakni harus sering cek ke tukang service proyektor yang memang menyediakan layanan terbaik, sehingga proyektor yang anda miliki akan tetap terjaga kualitas serta tidak mudah rusak.


Demikian beberapa ulasan saya mengenai caranya untuk menerapkan tips dan trik merawat sebuah proyektor agar tetap awet dan tahan lama, untuk informasi ini diharapkan untuk anda membagikan kepada orang lain agar mereka ikut mengetahuinya. Terima kasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.

5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page